Thursday, February 18, 2016

4C & 4SET yang Bikin Orang Bangkrut

~ 4C & 4SET  yg Bikin orang Bangkrut ~

20 Tahun Jatuh Bangun dalam  bisnis, Mulai Dari Bisnis Laundry, Rental Komputer, Toko Komputer, Properti, Bimbingan Belajar, Perguruan Tinggi, Restoran, Pemilik Koran hingga Perbankan, saya mencapai kesimpulan bahwa 4C dan 4SET lah yang Bikin Orang Bangkrut. Bukan hanya Orang, Bahkan Perusahaan dan Korporasi besar juga mengalami Hal Serupa...

Apakah 4C
Mari kita bahas satu persatu dulu ya....

4C adlh...

Customer
Company
Competitor
Change

Perilaku Customer, pelanggan atau Pembeli berubah. Dulu mereka belanja di warung kelontong, sekarang mereka lebih suka belanja di Minimarket yang menjamur dimana-mana.

Yang satu warung kelontong, panas, barangnya berantakan, etalase kusam, berdebu dan kadang-kadang ada tikus lewat, yang satunya minimarket, adem, barang tertata rapi, pelayannya pun cantik dan ganteng.

Customer berubah perilakunya...
Dulu Customer minder datang ketempat mewah, sekarang mereka Gandrung...

Kehadiran Competitor.. bagi si warung kelontong... menjadi ancaman mematikan, yang memaksa mereka Gulung tikar.

Sementara si Warung Sendiri... tidak memiliki STRUKTUR USAHA (Company) Yang Kuat untuk menghadapi Tekanan Perubahan Teknologi (CHANGE) yang begitu cepat.

Layanan Kasir dengan Point of Sales yang menggunakan Barcode Reader, pembayaran Cashless yang menerima pembayaran kartu debit dan kartu kredit adalah Perubahan dari cara Tradisional, menjadi cara-cara modern yang efisien, efektif sekaligus memudahkan konsumen.

Jelaslah dalam Studi kasus di atas... Bahwa Perilaku Konsumen (Customer) yang berubah, sebagai Konsekwensi hadirnya Pesaing (Competitor), dengan membawa Teknologi baru dari Masa depan (Change) tanpa dibarengi kesiapan Usaha/bisnis (Company) adalah Kombinasi sempurna bergugurannya toko-toko Kelontong yang ada di negeri ini.

Kenyang menyaksikan kebangkrutan kolega, partner, sahabat dan teman-teman bisnis, sebagai Peraih Rekor MURI Pendiri Perguruan tinggi Termuda di Usia 26 Tahun, saya Berpikir harus mengambil peran positif dalam Mencegah kebangkrutan-kebangkrutan Wirausaha berikutnya. Harus ada Lembaga RISET dan ILMU untuk MENCEGAH KEBANGKRUTAN berikutnya.

Atas dasar Niat itulah, setelah satu tahun menyelenggarakan kelas KOS HEBAT, KOS PENCETAK PENGUSAHA, 3 Tahun lalu saya beranikan diri,  mengambil alih sebuah Kampus yang nyaris Tutup di JOGJA. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis dan Perbankan (STIEBBANK).

Bersama Dream Team yang kami bentuk, perubahan dimulai, dari Logo, tagline, kurikulum, metode pengajaran, SOP dan teknologi hingga perubahan fisik dilakukan sebaik-baiknya.

Dari Kampus yang memposisikan diri sebagai kampusnya Profesional Muda, Kami Memberanikan diri mengubahnya menjadi:

                   STIEBBANK
KAMPUS PENCETAK PENGUSAHA

websitenya pun dibuat unik:
www.KampusPencetakPengusaha.com

Apa yang dipelajari disini?
Mahasiswa digodok 4SET agar bisa antisipasi KEBANGKRUTAN dgn 4SET yang mereka Miliki? Apa itu?

4SET adalah....

#MindSET
#SkillSET
#ToolSET
#ActionSET

Yess gak cukup hanya ikut seminar sekali dua kali, ikut workshop beberapa kali, lalu anda bikin kartu nama dan memulai usaha lalu berhasil. Mungkin anda berhasil untuk sementara waktu, tapi kelanjutannya anda akan dipusingkan oleh tagihan Suplier, Bank, Investor, Konsumen yang komplain.

Melalui 4SET , Mahasiswa STIEBBANK , www.KampusPencetakPengusaha.com memiliki cukup waktu, Memulai Bisnis sejak Minggu pertama Kuliah, hingga 4 Tahun mematangkan kemampuan di 3 Level bisnis mereka yaitu, Operational, Management dan Business Strategic. mereka. Mengasah MindSET, SkillSET, ToolSET dan ActionSET mereka, bukan hanya sampai level tahu atau pernah Baca, melainkan hingga Level Praktek Bahkan MASTER.

Mereka juga diajarkan setahap demi setahap, Dari pengusaha Level 1 hingga Level 5, yang tidak diajarkan di Kampus Lainnya. Mereka diberi SOFT SKILL dan HARDSKILL yang cukup untuk Berkompetisi dalam GANASnya persaingan Bisnis.

Tentu sebuah perjuangan yang sangat luar biasa, ejekan, lecehan bahkan kadang caci maki hingga Keluarnya Mahasiswa angkatan pertama, harus kami alami dan hadapi dengan tegar dan terus berjuang tak kenal lelah...
Perbaikan terus dilakukan, berbagai bisnis di Take Over agar mahasiswa dan dosen memiliki STUDI KASUS dalam Pengusaha Level 4, Yaitu Take over bisnis orang lain.

Hasilnya?

Bulan Lalu...

Negara ini melalui BAN-PT memberi Predikat BAIK alias AKREDITASI B bagi program Studi Manajemen, yang belum pernah diperoleh selama 20an tahun Perguruan tinggi ini berdiri. Bersyukur pada Tuhan dan berterimakasih untuk semua Stake Holder baik dari Mahasiswa, staf akademik dan non akademik, jajaran Manajemen, Para Wakil ketua, Kaprodi dan Kabag yang dikomandani oleh Bapak Sugiri, Amd. Spd. M. Eng, yang tak kenal Lelah menata perguruan tinggi ini sehingga layak diberi Apresiasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) tersebut.

Apresiasi ini, menjadi Hujan di tengah kemarau panjang yang sangat membahagiakan bagi kami. Bahwa apa yang kami lakukan, bukan hal yang sia-sia, namun diapresiasi BAIK (Akreditasi B) oleh Negara.

Sehingga Kami bisa dengan bangga dan Percaya diri MENYAMBUT, Bagi Bapak dan Ibu, yang tidak hanya ingin putra-putrinya memiliki kemampuan sebagai pegawai saja, namun juga dilengkapi dengan kemampuan SEBAGAI PENGUSAHA dan menciptakan Lapangan kerja demi kemakmuran negeri ini.

Jangan ragu-ragu menghubungi tim STIEBBANK, utk Bapak/Ibu dan Saudara yang ingin memperoleh Informasi lebih lanjut mengenai STIEBBANK... KAMPUS PENCETAK PENGUSAHA.

Mas Peter
Call/WA/Sms: 081328697009

Bunda Sisca
Call/Wa/SMS: 08122941820

Mr. Sugiri
Call/WA/Sms: 081930330081

Tentu anda jika ada Berita Baik, anda juga turut membagikan berita baik tersebut agar memberi kebaikan juga kepada orang lain Serta menjadi amalan yang berbuah baik bagi kehidupan anda kelak.

Semoga hadirnya STIEBBANK , Sebagai KAMPUS PENCETAK PENGUSAHA adalah KEBAIKAN yang layak anda BAGIKAN

Semoga Kebaikan datang dari Segala Penjuru untuk Anda....

Salam Hebat
Putu Putrayasa
CEO Of STIEBBANK
www.KampusPencetakPengusaha.com

No comments:

Post a Comment