Wednesday, February 17, 2016

Katanya Dari Pengurus Pusat Ikatan Psikologi Klinis

Copas pagi..

Pengurus Pusat
IKATAN PSIKOLOGI KLINIS
INDONESIAN CLINICAL PSYCHOLOGY ASSOCIATION
Sekretariat: Margoyasan PA II / 470 Yogyakarta 55112
Telp. 0274-8381582 / Fax. 0274-376320
Email : ipk_pusat_himpsi@yahoo.com
____________________________
PERNYATAAN SIKAP IKATAN PSIKOLOGI KLINIS (IPK-HIMPSI) MENGENAI “LESBIAN, GAY, BISEXUAL, AND TRANSGENDER (LGBT)” _________________________

1. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang berlandaskan Pancasila, dan dalam sila pertamanya mempercayai Tuhan Yang Maha Esa sebagai penuntun dan pedomanhidup. Hal itu termanifestasi dalam budaya dan kehidupan masyarakat Indonesia. Sebagai masyarakat yang percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, Ikatan Psikologi Klinis (IPK-Himpsi) yakin bahwa manusia diciptakan laki-laki dan perempuan dengan tugas untuk menjaga kelestarian alam dan mengisinya dengan sebaik-baiknya.

2. Tinjauan Psikologi Klinis memandang dan memahami hakekat manusia beserta berbagai manifestasi perilakunya, sebagai makhluk multidimensional. Yaitu dimensi biologis, psikologis, sosial, kultural dan spiritual. Masing-masing dimensi tersebut tidak dapat dipisahkan dan mempunyai kriteria umum dalam mewujudkan hakekat
kemanusiaan seutuhnya yang sehat dan sejahtera.

3. Ikatan Psikologi Klinis (IPK-Himpsi) menolak pandangan yang mengatakan bahwa ada gaya hidup alternatif yang terkait dengan orientasi seksual diluar pemahaman dan kriteria umum masing-masing dimensi sebagaimana tercantum pada poin 1 dan 2 diatas.

4. Sebagai organisasi profesi, Ikatan Psikologi Klinis (IPK-Himpsi) mempertimbangkan tinjauan dan kajian ilmiah yang menyangkut kelima dimensi pada poin 2 di atas yang mendukung pernyataan sikap tentang fenomena LGBT.

5. Fenomena LGBT harus dipahami dari sudut pandang yang komprehensif yang mencakup dimensi-dimensi tersebut dalam poin 2. Kecenderungan LGBT merupakan bagian dari tidak terpenuhinya satu atau lebih kriteria umum dimensi-dimensi tersebut.

6. Kecenderungan LGBT merupakan bagian dari pergumulan individu untuk menemukan jatidiri yang hakiki dan harkat kemanusiannya. Oleh karenanya penyandang LGBT perlu diperlakukan secara manusiawi, berkeadilan dan beradab.

7. Ikatan Psikologi Klinis (IPK-Himpsi) berkomitmen untuk memberikan layanan yang professional baik preventif maupun kuratif bagi individu atau kelompok dengan kecenderungan LGBT yang membutuhkannya.

8. Ikatan Psikologi Klinis (IPK-Himpsi) menentang segala upaya eksploitasi, manipulasi dan penyalahgunaan kecenderungan LGBT termasuk membujuk dan menghalang-halangi pemulihan.
Ikatan Psikologi Klinis (IPK-Himpsi) juga tidak membenarkan keberadaan organisasi maupun komunitas formal atau informal yang mendukung LGBT, karena bertentangan dengan budaya bangsa dan berpotensi merusak tatanan kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

9. Ikatan Psikologi Klinis (IPK-Himpsi) sebagai profesi yang memberikan pertolongan (helping profession), berpegang kepada Kode Etik Psikologi Indonesia untuk senantiasa mengupayakan kesejahteraan (well-being) dari klien yang membutuhkan pertolongan.

10. Kiranya Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Agung memberikan perlindungan dan tuntunan bagi kita semua, serta mengaruniakan hati yang peduli dan penuh kasih bagi kita dalam menolong sesama.

Yogyakarta, 4 Februari 2016.

Ini tulisan yang membantah bahwa LBGT adalah bawaan lahir:

http://www.focusonthefamily.com/socialissues/sexuality/understanding-same-sex-attractions/are-people-really-born-gay

Ini link artikel  berisi statemen para peneliti yang membantah bahwa Lgbt bawaan lahir. Ini lebih rinci statemen ilmiahnya:

http://www.focusonthefamily.com/lifechallenges/understanding-homosexuality/understanding-same-sex-attractions/is-sexual-orientation-fixed-at-birth

No comments:

Post a Comment